Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menafsirkan Analisis Web: Apa Arti Semua Data Itu Sebenarnya

Situs web Anda adalah titik penghubung Anda dengan pelanggan Anda, dan Anda dapat belajar banyak dengan menganalisis lalu lintas yang datang melaluinya. Menurut John Marshall, CEO perusahaan analisis web http://ClickTracks.com, "Analisis web adalah proses mengukur berbagai aspek situs web Anda untuk memahami bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda."


Sasaran yang Dapat Dikuantifikasi: Apa yang Diukur oleh Analytics

Sebelum Anda kehabisan dan membeli alat analisis web, perhatikan baik-baik situs web Anda dan cari tahu area apa yang ingin Anda tingkatkan. Analytics memberikan banyak sekali masukan, namun data yang Anda perlukan bergantung pada tujuan Anda.


Jika Anda melacak kampanye iklan, seperti PPC, SEO, email, atau cetak, Anda mungkin sangat tertarik dengan hasil data berikut:


• Kata kunci. Alat analisis web mengukur pengunjung yang Anda peroleh dari berbagai kata kunci. Sangat penting untuk memisahkan hasil dari iklan PPC Anda versus hasil SEO Anda, sehingga Anda memahami dari mana lalu lintas Anda berasal.


• Klik aktivitas. Beberapa alat analisis web yang lebih canggih memantau aktivitas PPC yang mencurigakan, untuk membantu Anda menjaga dari penipuan klik.


• Kode Kupon. Saat Anda memasang iklan di iklan cetak, kode kupon dapat membantu Anda mengukur keefektifannya. Anda cukup memberikan kupon di iklan yang memberikan kode kepada pelanggan Anda untuk masuk guna mengaktifkan kupon tersebut. Sistem keranjang belanja Anda dapat mengambil kupon itu, dan setiap kali seseorang menggunakannya, Anda tahu bahwa mereka menemukan Anda melalui iklan itu.


• Tingkat bouncing. Ini adalah persentase orang yang mengklik salah satu iklan Anda, dan keluar dalam beberapa detik setelah tiba di halaman arahan Anda. Rasio pentalan yang tinggi mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu memeriksa seberapa baik laman landas berkorelasi dengan iklan Anda.


• Alat analisis segmentasi pengunjung dapat membandingkan perilaku satu kelompok pengunjung dengan kelompok lainnya. Grup biasanya dipecah berdasarkan faktor-faktor seperti apakah mereka datang melalui iklan bayar per klik atau iklan organik, atau apakah mereka menemukan Anda melalui kampanye pencarian versus kampanye email Anda, dll.


Jika Anda mencoba memahami bagaimana pengalaman pengguna Anda dengan situs web Anda, atau melacak proses penjualan Anda untuk menentukan seberapa baik situs Anda berkonversi, Anda mungkin lebih memperhatikan pengukuran ini:


Pengunjung unik. Ini mengacu pada pengguna komputer individu, berbeda dengan berapa kali pengguna datang ke situs Anda. Ini adalah ukuran berapa banyak orang yang menghabiskan waktu berkualitas di situs web Anda.


Tingkat konversi. Angka ini memberi tahu Anda berapa persentase pengguna yang benar-benar melakukan pembelian di situs Anda. Jika tingkat konversi Anda rendah, itu biasanya menunjukkan masalah di suatu tempat dalam proses penjualan Anda.


• Laporan corong. Ini mengukur secara konseptual seberapa dalam kemajuan pengunjung ke situs Anda. Analisis web melacak pengunjung melalui tahapan proses checkout untuk melihat pada tahap mana Anda kehilangan mereka, sehingga Anda tahu halaman apa yang perlu Anda ubah.


Hal mendasar yang dapat dicapai analitik web untuk Anda adalah peningkatan kinerja. Ini memungkinkan Anda untuk mengamati perilaku pelanggan Anda dan memahami elemen mana dari situs Anda yang berfungsi, dan di mana penyesuaian diperlukan, untuk memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin. Menasihati Marshall, “Melacak lalu lintas Anda memungkinkan Anda mengenali apa yang diinginkan pembeli Anda dan memberikannya kepada mereka. Mulailah dengan mendefinisikan apa yang Anda coba tingkatkan, fokus pada data yang relevan, dan buat keputusan berdasarkan apa yang dikatakan data tersebut kepada Anda.”